twttr

Monday, April 27, 2009

Seni Mendengarkan Kekasih

KATA siapa mendengarkan itu hal paling mudah? Nyatanya, banyak orang berteriak untuk menyuarakan pendapat dan keinginannya. Kalau tak ada yang mendengarkan, tentu tak ada yang memberi penghargaan. Kemampuan mendengarkan akan menjadikan Anda orang yang bisa menghargai.

Sama halnya dalam berhubungan. Anda pasti senang mendapati kekasih hati mendengarkan curahan hati Anda, seperti Anda juga tak pernah bosan mendengarkan curahan hatinya.

Namun, mendengarkan bukan sekadar memasang kedua daun telinga untuk menampung segala keluh kesahnya. Mendengarkan merupakan sebuah seni yang perlu terus diperindah untuk memberi rasa puas dan nyaman saat Anda dan kekasih melakoninya.

Ada beragam hal yang perlu Anda perhatikan agar lebih memahami isi hati kekasih dan berupaya menemukan solusi yang tepat. Seni mendengarkan memudahkan Anda mengerti cerminan hati kekasih.

Seperti dikutip Loving You, berikut seni mendengarkan dalam hubungan cinta.

Dengarkan perlahan

Dihimpit permasalahan berat, kekasih akan memerlukan kehadiran Anda sebagai pendengar yang baik. Peran Anda sebagai pendengar yang baik bisa dimulai dengan duduk tenang di sampingnya dan mendengarkan segala permasalahan yang dia hadapi. Biarkan dia terus berbicara hingga giliran Anda menanggapinya tiba.

Tatap kedua bola matanya

Peran eye contact dalam seni mendengarkan sangat penting. Tatap kedua bola matanya untuk menebak isi hatinya yang paling dalam. Anda juga bisa berbagi empati lewat pandangan mata. Lebih mudah baginya mengetahui empati yang Anda punya ketimbang Anda umbar dengan kata-kata.

Bersikap tenang

Mendengarkan kekasih memang tak hanya saat dia sedang murung dan sedih, tapi saat marah sekalipun. Jika si dia sedang marah atas sikap Anda, jangan biarkan dia tenggelam lebih lama karena bisa berakibat buruk pada hubungan. Bersikaplah tenang dan biarkan dia mengungkapkan penyebab amarahnya kemudian kendalikan hatinya dengan sikap manis Anda.

Redam emosinya

Dalam sebuah permasalahan, Anda dikatakan berhasil mengendalikan situasi jika bisa berhasil meredam emosinya dan membuat perasaannya jauh lebih baik dari sebelumnya. Anda bisa coba memberinya sedikit kejutan istimewa berupa bunga atau cokelat. Tentu akan jadi bagian paling menyenangkan dalam kisah cinta Anda berdua. (ftr)

No comments:

Post a Comment