twttr

Monday, April 27, 2009

Mengenal si Pendingin Udara

SAAT ini pendingin udara sudah tak lagi menjadi barang mewah. Dari yang berharga murah sampai daya watt kecil banyak beredar di pasaran. Semua ingin memilikinya, tapi seberapa perlukah itu?

Pemanasan global saat ini telah menjadi isu dunia. Akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, sekarang Anda jadi tak mudah menebak seperti apa cuaca yang akan terjadi hari ini. Bisa saja hujan dan dingin menyerang, namun bisa pula panas menyengat yang terjadi.

Apabila panas menyerang, sengatan matahari bisa terasa sampai ke dalam rumah. Rumah yang tadinya ingin digunakan sebagai tempat berteduh, akhirnya malah terasa seperti "oven pemanggang". "Karena itu, tidak salah jika Anda mulai berpikir untuk membeli air conditioner atau penyejuk ruangan," ujar desainer interior Emmy Susianti.

Air conditioner (AC) sebenarnya tidak langsung menyejukkan ruangan secara seketika. Alat tersebut bakal mengeluarkan terlebih dahulu hawa panas serta kelembapan di dalam ruangan dari udara. Karena itulah, atas alasan tersebut, pemilihan unit AC harus menggunakan ukuran yang tepat, terutama untuk diaplikasikan pada ruangan tertentu.

"Memilih ukuran air conditioner memang harus memperhatikan ukuran ruangan. Untuk ruangan kecil, sebaiknya jangan menggunakan air conditioner yang besar karena energi dingin yang dikeluarkan air conditioner tersebut bisa membuat ruangan jadi terasa seperti ada di dalam kulkas. Sementara jika ruangan yang besar memakai air conditioner kecil, maka air conditioner harus bekerja keras' untuk mendinginkan ruangan," papar Emmy.

Jika perlu, Anda bisa memilih AC yang dapat menyejukkan seluruh ruangan tanpa terkecuali. AC juga bisa mencegah tumbuhnya jamur atau lumut. Namun, Anda harus tetap rajin membersihkan AC karena AC yang kotor bisa menghasilkan udara kotor yang nantinya akan merangsang pertumbuhan jamur dan lumut.

"Sekarang kan sudah banyak air conditioner yang dilengkapi dengan sistem ion yang bisa membersihkan air conditioner itu sendiri secara otomatis, sekaligus menjernihkan udara di dalam ruangan," sebut Emmy.

Alasan utama kita memakai AC dibagi atas empat faktor, yaitu suhu, polusi, desain ruangan, dan sirkulasi yang buruk. Suhu ruangan sering jadi alasan orang untuk mengaplikasikan AC, apalagi bila rumahnya berada di daerah yang panas.

Polusi juga bisa jadi alasan yang tepat. Tak hanya polusi udara, polusi suara pun dapat diatasi oleh AC. Ruangan ber-AC yang kedap secara tidak langsung menahan suara-suara yang keluar ataupun masuk ke dalam ruangan. Contoh, jika Anda memiliki rumah yang berdekatan dengan pabrik, selain polusi udara, suara mesin pabrik sering kali mengganggu ketenangan. Contoh lain, jika rumah Anda dekat dengan aliran sungai yang bau atau rumah di pinggir jalanraya yang bising. AC bisa jadi solusi yang tepat untuk meredamnya.

Desain ruangan pun bisa mengarahkan penghuni untuk memakai AC. Misalkan Anda terpaksa membuat kamar yang tidak memiliki sisi bersinggungan dengan area luar, otomatis tidak memiliki akses udara segar. Contoh lain, jika Anda memiliki basement di rumah, mau tidak mau penciptaan udara harus mengandalkan AC.

Alasan keempat, sirkulasi yang buruk. Harga tanah yang mahal di Jakarta memaksa orang untuk menghuni area perumahan yang sudah padat. Antara rumah yang satu dengan yang lainnya sangat berdekatan, baik itu ke samping, ke depan, maupun belakang. Parahnya lagi, terkadang sirkulasi udara hanya terjadi dari depan rumah.

Terlepas dari alasan orang ingin mengaplikasikan AC, alat pendingin udara ini terkadang juga suka mengeluarkan bunyi-bunyi deritan yang mengganggu. Itu artinya, selain AC sudah harus dibersihkan secara manual, juga ada beberapa bagian yang longgar. Sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri. Panggil orang yang cukup berpengalaman, seperti tukang khusus servis AC.

Biasanya AC agak bermasalah jika filternya jarang dibersihkan. Selain dibersihkan, untuk beberapa lama, filter juga terkadang sudah tidak mampu bekerja secara maksimal. Itu artinya, filter harus diganti dengan yang baru.

"Saat menyalakan air conditioner, pintu atau jendela ruangan sebaiknya ditutup dengan rapat. Ini agar proses pendinginan bisa berlangsung secara sempurna. Jangan lupa juga untuk menutup ventilasi kamar. Jika Anda sedang tidak menggunakan air conditioner dan merasa ruangan agak pengap, Anda bisa membuka jendela, pintu, atau ventilasi tersebut," beber Emmy.

AC dapat dipindahkan ke setiap ruangan yang diinginkan. Tapi, karena setiap pemasangannya memerlukan sedikit pembongkaran yang menyebabkan cacat pada dinding, maka sebaiknya Anda memastikan ruangan mana yang ingin diaplikasikan AC agar tidak perlu melakukan pembongkaran-pembongkaran.

Anda juga harus memperhatikan letak pemasangan AC. Sebaiknya AC dipasang pada dinding bagian atas ruangan dan menghadap ke arah yang tepat. Pada ruang tidur, misalnya, sebaiknya jangan dihadapkan ke arah tempat tidur karena itu akan membuat Anda jadi kedinginan dan tidak merasa nyaman saat ingin terlelap.

No comments:

Post a Comment