twttr

Monday, April 27, 2009

Membangun Stamina Prima saat Bekerja

SETIAP hari kita selalu melakukan aktifitas. Aktifitas yang kita lakukan tentunya terjadwal dan rutin. Terkadang, kita jenuh dengan aktifitas yang dilakukan terutama bagi seseorang yang telah bekerja. Saat berkerja, tubuh kita harus sehat dan kuat untuk menunjang kebutuhan dalam bekerja. Tubuh yang sehat dan kuat tentunya sangat diperlukan. Oleh karena itu, stamina harus terjaga dengan baik. Fisik harus selalu siap sedia.

Agar stamina kita terjaga saat bekerja, berikut tip agar tubuh tetap kuat dan sehat:

Cintai pekerjaan yang dilakukan

Sebelum menjaga stamina, satu hal sangat penting yaitu cintailah pekerjaan Anda. Jangan melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai karena itu akan terasa jenuh dan membosankan. Rasa bosan ataupun jenuh adalah faktor utama stamina menjadi menurun. Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Mulailah mencoba untuk menyukai pekerjaan Anda.

Rutin berolahraga

Lakukanlah olahraga dengan teratur. Banyak sekali olahraga yang dapat Anda lakukan. Saat liburan, gunakanlah sedikit waktu untuk olahraga. Olahraga yang teratur akan memperkuat kinerja jantung sehingga asupan oksigen akan sampai pada seluruh tubuh lebih banyak. Lebih banyak oksigen yang masuk dalam tubuh maka akan semakin baik untuk tubuh kita. Olahraga yang dapat dilakukan seperti bersepeda, berenang, aerobik, lari pagi, dan lain-lain.

Istirahat yang cukup

Tubuh kita bukanlah mesin yang dapat digunakan setiap saat. Tubuh kita perlu beristirahat. Saat beristirahat, tubuh kita akan terasa rileks. Saat bekerja, otot pada tubuh akan tegang maka dari situ istirahat yang cukup dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh yang tadinya tegang menjadi renggang kembali. Lakukanlah istirahat sebanyak 90-120 menit setiap hari untuk memulihkan energi yang terkuras.

Banyak mengonsumsi air putih

Hal yang satu ini mudah dilakukan tetapi masih banyak orang yang lupa dengan air putih. Mengkonsumsi air putih sangat baik bagi tubuh agar tetap stamina. Kekurangan cairan dapat menimbulkan kelelahan sehingga stamina pun menurun. Saat tubuh kekurangan cairan, darah akan mengental sehingga aliran darah menjadi lambat. Untuk mengembalikan darah lancar seperti semula membutuhkan waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen.

Makan makanan yang sehat, empat sehat lima sempurna

Tubuh kita memerlukan makan makanan yang sehat. Jauhilah makanan yang cepat saji karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebelum bekerja, usahakan sarapan agar tubuh memiliki tenaga untuk bekerja. Tak perlu banyak, walaupun hanya sedikit, usahakan ada asupan pada tubuh. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dapat menyebabkan gula darah semakin banyak. Hal tersebut akan membuat tubuh lebih cepat lelah.

Suplemen untuk menambah stamina

Mengonsumsi suplemen ataupun multivitamin sangat baik bagi mereka yang bekerja dari pagi hingga malam hari. Tubuh kita membutuhkan vitamin selain mengonsumsi makan makanan yang sehat dan tentunya mengonsumsi air putih. Suplemen atau multivitamin dapat membantu tubuh menetralkan kerusakan pada sel karena serangan radikal bebas.

Ubah rutinitas

Sedikit mengubah rutinitas Anda tidaklah salah. Rutinitas yang kerap kali dilakukan dapat membuat kita menjadi jenuh dan lelah. Karena itu tubuh kita akan terasa cepat lelah dan stamina menurun. Tentu saja hal ini dapat membuat tubuh menjadi lelah sehingga akan malas untuk melakukan pekerjaan Anda. Ubahlah sedikit kebiasaan rutinitas Anda. Tak ada salahnya mendengarkan musik baru untuk menghilangkan stres ataupun jenuh, ataupun mengobrol dengan rekan sekantor mengenai hal apapun untuk menghilangkan kejenuhan yang merupakan faktor utama penguras tenaga.

Jangan melakukan aktifitas yang tidak bermanfaat

Sehabis bekerja tubuh kita butuh istirahat, saat bekerja seluruh tubuh merasa lelah karena otot dan darah bekerja dengan cepat. Jangan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Jika ada waktu senggang pergunakanlah sebaik mungkin untuk beristirahat. Usahakan agar aktifitas Anda terjadwal. Hidup sehat adalah idaman bagi setiap orang.

No comments:

Post a Comment