twttr

Friday, May 1, 2009

Netbook Android Hanya USD250

FRAMINGHAM - Netbook yang dipersenjatai sistem operasi Android kabarnya sedang dikembangkan. Tentunya dengan harga semurah mungkin.

Dilansir melalui Computer World, Senin (27/4/2009), netbook dengan tajuk Alpha 680 ini dikabarkan akan mulai meluncur ke pasaran dalam tiga bulan ke depan. Harga yang dibandrol netbook Android ini tergolong cukup terjangkau, hanya sekira USD250.

"Kami telah mendapatkan order dari beberapa negara di dunia, angkanya baru mencapai ratusan unit," ujar Nixon Wu dari Guangzhou Skytone Transmission Technologies (GST), produsen dari netbook Android tersebut. GST pun mengaku telah memiliki prototipe yang akan diserahkan kepada perusahaan-perusahaan komputer, untuk kemudian memperkenalkannya ke publik.

Menurut Wu, Alpha 680 saat ini sedang dalam masa ujicoba akhir. Murahnya harga Alpha 680 dikarenakan netbook ini menggunakan prosesor ARM yang tidak begitu mahal namun memiliki konsumsi energi yang lebih efisien, bahkan dibandingkan dengan prosesor Atom Intel sekalipun. Prosesor ini pula yang banyak digunakan di miliaran ponsel di dunia.

Analis pasar memprediksi, kombinasi ARM dan Android mampu memunculkan persaingan ketat di industri komputer murah, dengan harga tidak lebih dari USD200. Apalagi, para analis yakin, Alpha 680 mampu memecahkan dominasi sistem operasi Microsoft dan chip Intel Atom, yang saat ini berjaya di pasaran.

No comments:

Post a Comment