twttr

Friday, May 1, 2009

Krisis, Komputer Murah Berkualitas Mulai Diburu

JAKARTA - Ekonomi global terus menggila. Imbasnya, komputer mahal mulai ditinggalkan. Komputer murah yang berkualitas pun jadi diburu konsumen. Tren ini dilakukan konsumen demi menghemat biaya.

Menurut IDC Worldwide Quarterly PC Tracker, yang dikutip melalui keterangan resmi Intel penjualan komputer, termasuk untuk jenis desktop dan portable di seluruh dunia menurun sebesar 7,1 persen dari kuartal pertama 2008. Namun untungnya hal ini masih lebih baik jika dibandingkan dengan perkiraan analis yang memprediksinya turun sekira 8,2 persen.

"Penjualan desktop menurun lebih cepat dari yang diperkirakan, terutama di China yang merupakan pangsa pasar terbesar bagi komputer portable," demikian, seperti dikutip dalam keterangan Intel kepada okezone, di Jakarta, Jumat (1/5/2009).

Namun dalam kondisi krisis ini, Intel justru menyarankan agar konsumen lebih memilih memperbaharui atau membeli komputer baru. Saran ini ditujukan terutama untuk kalangan perusahaan.

Intel mengungkapkan, dengan memperbarui komputer atau membeli yang baru justru konsumen telah melakukan penghematan yang besar dan memberikan lebih banyak keuntungan ketimbang mempertahankan komputer lama.

Menanggapi penurunan penjualan komputer ini, seperti yang diumumkan Presiden dan CEO Intel Corporation Paul Otellini mengenai pendapatan Intel 14 April lalu, mereka tidak yakin kapan pertumbuhan akan kembali seperti semula. Namun melihat tanda-tanda segmen pasar komputer yang menurun, Intel berharap pada tahun ini keadaan bisa kembali kepada pola normal.

No comments:

Post a Comment