twttr

Sunday, April 25, 2010

Singkat tentang Sinusitis

Pernah mendengar nama sinusitis? Ini adalah peradangan yang terjadi di rongga sinus paranasalis. Sinus, demikian namanya lebih dikenal, adalah rongga yang berada di bagian pipi, dekat mata, dan dahi. Rongga itu berjumlah empat pasang kiri dan kanan. Fungsinya adalah untuk membantu resonansi suara, membantu keseimbangan kepala, meredam perubahan tekanan udara dan kelembaban udara, serta membantu memproduksi lendir untuk membersihkan rongga-rongga hidung.

Peradangan membuat lendir tertahan di rongga tersebut. Akibatnya, penderita sinusitis akan sulit untuk bernapas melalui hidung. Bagian wajah dan mata terasa bengkak, bahkan disertai sakit kepala atau rasa sakit di wajah. Pada beberapa kali, penderitanya akan merasakan ada cairan kental menumpuk di dalam hidung atau mengalir ke tenggorokan.

Penyebab sinusitis itu beragam. Sinusitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus flu, bakteri, jamur, atau alergi. Sinusitis kronis pun bisa disebabkan oleh infeksi, namun juga disebabkan oleh polip hidung atau penyimpangan sekat hidung. Bila sinusitis akut berlangsung selama kurang dari empat minggu, sinusitis kronis berlangsung lebih dari delapan minggu atau yang kambuhan.

Penderita sinusitis pun berpotensi untuk mengalami komplikasi, seperti asma, meningitis (peradangan di membran pelindung sistem syaraf pusat), gangguan penglihatan, atau aneurisma (penonjolan abnormal pada dinding pembuluh darah). Secara spesifik, penderita sinusitis akut juga berpotensi untuk mengalami sinusitis kronis dan infeksi telinga.

Untuk memperkecil risiko komplikasi, penderita sinusitis harus segera mendatangi dokter bila mengalami gejala-gejala sinusitis tersebut.

Selain mendapatkan perawatan dokter, penderita sinusitis dianjurkan untuk:

* Beristirahat dengan cukup.
* Meminum air yang cukup. Ini akan mengencerkan lendir dan melancarkan alirannya. Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol.
* Hangatkan rongga sinus dengan cara menghirup uap air panas atau mandi air hangat. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan membantu melancarkan lendir.
* Kompres wajah dengan handuk hangat.
* Bersihkan lubang hidung.
* Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.


Tetapi pencegahan selalu lebih baik. Sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut agar tidak terkena sinusitis akut. Berlaku juga bagi penderita sinusitis kronis, yakni agar gejala-gejalanya tidak datang lagi.

Hindari infeksi saluran pernafasan atas dengan cara meminimalisasi kontak dengan mereka yang sedang flu serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama sebelum makan.

Kendalikan alergi Anda, bila ada. Anda mungkin butuh berkonsultasi dengan dokter Anda untuk dapat mengendalikan alergi Anda.

Hindari rokok dan udara terpolusi karena dapat mengiritasi paru-paru dan saluran hidung serta menimbulkan peradangan di bagian tersebut.

Gunakan alat pelembab udara bila rumah Anda memang membutuhkannya. Menambah kelembaban udara mampu mencegah sinusitis. Pastikan alat tersebut tetap bersih dan bebas jamur.

Konsumsi suplemen kesehatan yang akan membantu meningkatkan pertahanan tubuh Anda terhadap berbagai penyebab peradangan rongga sinus tersebut.

No comments:

Post a Comment