twttr

Monday, November 28, 2011

makanan diabetes

August 1st, 2011 Kris

Mereka yang mengidap diabetes agaknya harus memiliki pola makan yang seimbang mengingat begitu banyaknya jumlah makanan yang menjadi pantangan bukan hanya yang manis-manis tetapi juga yang gurih dan mengandung lemak jenuh.

Membuat pola untuk makanan diabetes sedikit banyak memiliki kesamaan dengan food pattern bagi mereka yang ingin diet. Mengontrol kadar gula dalam darah bukan dengan menghindari makanan yang tidak boleh dimakan tetapi dengan fokus mencari tahu makanan yang seharusnya dimakan.

Makanan yang baik bagi kesehatan tubuh adalah makanan yang banyak mengandung serat, mengandung nutrisi seperti kalsium, omega 3, dan vitamin D yang membantu dalam proses pencernaan. Begitu pula dengan penderita diabetes. Makanan-makanan tersebut baik untuk dikonsumsi.

Makanan berserat seperti kacang-kacangan mampu membuat kenyang perut sekaligus menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol, kandungan omega 3 dalam ikan salmon mampu memperbaiki resistensi insulin, susu bebas lemak menyumbang vitamin D yang baik bagi pencernaan para penderita diabetes. Bila sudah paham dengan seluk beluk penyakit diabetesnya, maka seseorang harus kembali ke pola makanan sehat yang dilakukannya secara rutin dan disiplin.

Jenis Makanan Penyebab Diabetes

Salah satu cara untuk mencegah penyakit kencing manis adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan penyebab diabetes. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para orang tua, penderita obesitas, atau penderita diabetes saja.

Bagi Anda yang masih dalam keadaan sehat pun dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan penyebab diabetes. Apa saja makanan pantangan diabetes?

=> Nasi putih

Nasi memang menjadi makanan pokok bagi penduduk Indonesia, namun bagi orang gemuk atau yang mengalami obesitas, sebaiknya hindari mengkonsumsi nasi secara berlebihan.

Nasi putih mengandung banyak karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh. Daripada nasi putih, sebaiknya mengkonsumsi nasi merah yang memang sangat bagus untuk kesehatan dan memiliki kandungan karbohidrat yang sangat kompleks.

=> Mie

Mie merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Mengkonsumsi mie dalam jumlah besar setiap harinya akan mampu meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

=> Pasta

Salah satu makanan penyebab diabetes adalah pasta. Hampir sama dengan mie, pasta juga memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang bisa langsung diubah menjadi glukosa di dalam tubuh.

Mengkonsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak, bisa membuat glukosa menumpuk di dalam darah.

=> Makanan manis

Contoh makanan penyebab diabetes adalah kue-kue kecil, roti manis, snack, jeli, permen, cokelat, dll.

Makanan-makanan seperti itu punya peranan besar dalam menyebabkan penyakit diabetes karena mengandung banyak gula.

=> Minuman manis

Salah satu penyebab diabetes adalah menghindari minum air putih dan malah meminum air yang sudah dicampur pemanis, misalnya sirup.

Sebaiknya biasakan meminum air putih setiap hari agar badan selalu sehat. Kalaupun ingin minum yang manis, sebaiknya tidak terlalu sering.

Itulah beberapa makanan penyebab diabetes yang patut diketahui. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak makan sayur dan buah sebagai makanan pencegah penyakit, termasuk diabetes. Jangan lupa untuk selalu minum air putih sebanyak 7 gelas perhari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

No comments:

Post a Comment